Sunday, September 1, 2013

BIOLOGI OBSERVASI



PENGARUH KOMPOSISI PUPUK KANDANG & SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN JERUK PURUT


     A.   PENDAHULUAN


v  Jeruk (atau limau/limo) purut (Citrus × hystrix DC.) merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kaffir lime, sementara nama lainnya ma kruut (Thailand), krauch soeuch (Kamboja), 'khi 'hout (Laos), shouk-pote (Burma), kabuyau, kulubut, kolobot (Filipina), dan truc (Vietnam).

Daun jeruk purut, dipakai sebagai pengharum dalam masakan
Jeruk rempah ini termasuk ke dalam subgenus Papeda, berbeda dengan jenis jeruk pasaran lainnya, sehingga penampilannya mudah dikenali. Tumbuhannya berbentuk pohon kecil (perdu). Rantingnya berduri. Daun berbentuk khas, seperti dua helai yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepinya yang ekstrem; tebal dan permukaannya licin, agak berlapis malam. Daun muda dapat berwarna ungu yang kuat. Buahnya kecil, biasanya tidak pernah berdiameter lebih daripada 2cm, membulat dengan tonjolan-tonjolan dan permukaan kulitnya kasar; kulit buah tebal. Perbanyakan dilakukan dengan biji atau dengan pencangkokan.

Klasifikasi :
Divisi         : Spermatophyta
Subdivisi    : Angiospermae
Kelas          : Dicotyledonae
Bangsa       : Geraniales
Famili        : Rutaceae
Genus        : Citrus
Spesies      : Citrus hystrix D.

v  Pupuk kandang sebenarnya adalah campuran tanah dengan produk buangan dari kotoran binatang ataupun pelapukan dari tumbuhan yang mati. Sehingga pupuk kandang dapat didefinisikan sebagai semua produk buangan dari binatang peliharaan yang dapat digunakan untuk menambah hara, memperbaiki sifat fisik, dan biologi tanah.
Fungsi pupuk kandang antara lain mampu mengembangkan beberapa unsur hara seperti fosfor, nitrogen, sulfur, kation dan dapat melepaskan unsur P dari oksidasi Fe tanah dan dapat membentuk senyawa kompleks dengan unsur makro dan mikro sehingga tanaman dapat mengurangi proses pencucian dari unsur yang dikandungnya (Suwardjono, 2003).
Selain itu peranan penting dari pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman adalah sebagai berikut  :

a)  Pupuk kandang mengandung zat seperti N(0,97), P(0,69), K(1,66). b.) Mampu melonggarkan susunan tanah terutama jenis tanah liat   sehingga udara mudah menembus kedalam, dengan kata lain dapat memperbaiki aerase tanah.
c)  Meningkatkan daya serap tanah terhadap air, sehingga ketersediaan air yang dibutuhkan tanaman memadai..
d)     Mendorong kehidupan dan perkembangan jasad renik tanah yang berguna untuk mengubah zat – zat makanan di dalam tanah.

v  Sekam padi merupakan lapisan keras yang meliputi kariopsis yang terdiri dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Sekam padi merupakan limbah yang mempunyai sifat-sifat antara lain: ringan, drainase dan aerasi yang baik, tidak mempengaruhi pH, ada ketersediaan hara atau larutan garam namun mempunyai kapasitas penyerapan air dan hara rendah dan harganya murah. Sekam padi mengandung unsur N sebanyak 1 % dan K 2 %. Pada umumnya sekam ini dibakar menjadi arang sekam yang berwarna hitam banyak digunakan untuk media hidroponik secara komersial di Indonesia (Rahardi, 1991). Berdasar analisis Japanese Society for Examining Fertilizer and Fodders, komposisi arang sekam paling banyak mengandung senyawa SiOz sebanyak 52 % dan unsur C sebanyak 31 %. Komposisi lainnya adalah Fe203, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam jumlah yang sangat kecil, juga mengandung bahan-bahan organik. Sedangkan menurut analisis Suyekti (1993) sekam bakar mengandung N 0,32 %, P 0,15 %, K 0,31 %, Ca 0,96 %, Fe 180 ppm, Mn 80,4 ppm Zn 14,10 ppm dan pH 6,8. Soepardi (1983) mengemukakan bahwa kadar kalium dalam abu sekam lebih kurang sama dengan 30 % K2O.

B.    RUMUSAN MASALAH
Apakah  campuran pupuk kandang dan sekam berpengaruh pada pertumbuhan tanaman jeruk purut ?

H0 : Campuran pupuk kandang dan sekam tidak berpengaruh pada pertumbuhan tanaman.
H1 : Campuran pupuk kandang dan sekam berpengaruh pada  pertumbuhan tanaman.

C.   VARIABEL
Variabel bebas            : Komposisi pupuk kandang dan sekam
Variabel terikat           : Pertumbuhan tanaman jeruk purut
Variabel kontrol          : Tanaman jeruk purut

D.   ALAT DAN BAHAN
Bahan : Pupuk kandang
  Sekam
  Biji jeruk purut
Alat     : 2 buah pot
  Cetok
  Kerikil

Cara :
1.)   Siapkan alat dan bahan.
2.)   Lalu beri kerikil pada dasar pot.
3.)   Kemudian letakkan tanaman cabai rawit ke masing-masing pot.
4.)   Lalu beri pupuk dan sekam dengan takaran yang berbeda.
5.)   Lalu siram dengan takaran yang sama,kemudian catat hasil perubahan tanaman.

E.    HASIL PENGAMATAN

§  Tabel

NO
PUPUK KANDANG
SEKAM
TINGGI DALAM 5 HARI (cm)
I
II
III
1
1 kg
½ kg
30 cm
40 cm
50 cm
2
3 kg
1 kg
40 cm
55 cm
70 cm
3
5 kg
1 ½ kg
50 cm
70 cm
90 cm

§  Grafik

   
F.    ANALISIS DATA
Dari tabel diatas dapat diartikan jika menggunakan 1 kg pupuk kandang dicampur dengan ½ kg sekam pertumbuhan tanaman bertambah 10 cm setiap 5 hari sekali.Dan jika menggunakan 3 kg pupuk kandang dicampur dengan 1 kg sekam pertumbuhan tanaman bertambah 15 cm setiap 5 hari sekali. Kemudian bila menggunakan 5 kg pupuk kandang dicampur dengan 1 ½ kg sekam pertumbuhan tanaman bertambah 20 cm setiap 5 hari sekali.

G.  KESIMPULAN
Dari hasil eksperimen tersebut terbukti bahwa tanaman yang diberi lebih banyak pupuk kandang lebih cepat pertumbuhannya dibanding dengan tanaman yang diberi sedikit pupuk kandang.

 H.  SARAN
Jika ingin menanam tanaman jeruk purut sebaiknya menggunakan pupuk kandang saja karena pupuk kandang sangat efektif  untuk  pertumbuhan tanaman jeruk purut.

1 comment:

  1. Betway launches in the U.S. - JTM Hub
    Betway, a 경기도 출장샵 leading online sports betting company, has announced the launch of its 아산 출장안마 US 안산 출장마사지 mobile 당진 출장마사지 sportsbook, Sportsbet, in 경산 출장안마 the U.S.

    ReplyDelete

Dewasa itu apa sih ?

halooo halooo para pembaca.... Jadi kali ini aku mau ngebahas tentang sebuah topik nih, apa hayo coba tebak ? Yup seperti judulnya, topi...